Rabu, 06 Juli 2011

Sejarah Bahasa Inggris, Penghubung Dunia

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh lebih dari 50% penduduk di dunia untuk berkomunikasi antara satu bangsa dan bangsa yang lain. Bahasa Inggris sendiri memiliki keberagaman mulai dari American English, British English dan banyak lagi varietas lainnya ditentukan oleh lokasi ataupun setting bahasaInggris tersebut digunakan. Di Indonesia, bahasa Inggris adalah bahasa asing yang telah diterapkan pada kurikulum nasional. Belajar bahasa Inggis bukan berarti mengetahui asal usul dari bahasa ini. Berikut adalah sejarah singkat keberadaan bahasa Inggris. 


Sejarahnya dimulai dari kedatangan bangsa Jeman yang terdiri atas tiga suku besar, yaitu; Angles, Saxons dan Jutes pada abad ke 5 AD (tahun setelah kelahiran Isa Almasih). Mereka tiba di tanah Britania setelah perjalanan darat panjang melalui Denmark dan melintasi Laut Utara. Pada saat yang sama, penduduk asli Britania terdesak oleh invasi bangsa lain sehingga mereka menyingkir ke arah utara dan barat Britania yaitu Irlandia, Skotlandia dan Wales. Penduduk Britania pada saat itu menggunakan bahasa Celtic yang kemudian berkombinasi dengan bahasa yang digunakan oleh suku Angles berasal dari wilayah Englaland, inilah yang kemudian menjadi cikal bakal bahasa Inggris yang disebut Englisc.
Bahasa Inggris kemudian mengalami perkembangan dari masa ke masa:
       i.     Old English 450-1100 AD ((Bahasa Inggris Kuno)
Kombinasi bahasa yang dibawa oleh suku bangsa Jerman dan penduduk asli Britania kemudian berkembang menjadi Bahasa Inggris Kuno. Bahasa Inggris kuno sangat berbeda dengan bahasa Inggis pada saat ini dan tentunya lebihsulituntuk dimengerti. Kebanyakan perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris saat ini berakar dari kata bahasa Inggris kuno.
     ii.     Middle English 1100-1500 AD (Bahasa Inggris Pertengahan)
Pada tahun 1066, Britania dilanda invasi dan kemudian dikuasai oleh bangsa Perancis yang dikomandani oleh The Duke of Normandy. Oleh sebab itu bahasa Perancis menjadi menjadi bahasa yang digunakan oleh bangsawan serta masyarakat kelas atas, sedangkan bahas Inggris digunakan oleh masyarakat menengah kebawah. Namun kemudian bahasa Inggris justru berkembang lebih baik dengan banyaknya kata-kata ‘pinjaman’ dari bahasa Perancis. Inilah ciri dari bahasa Inggris pertengahan, dan juga ditandai dengan kehadiran pujangga Chaucer.
   iii.     Modern English 1500-1800 (Bahasa Inggris Moderen)
Ø  Early Modern English
Pada abad ke 16, bahasa Inggris telah digunakan secara luas diseluruh dunia. Pengucapan kata bahasa Inggris modern menjadi lebih tegas dengan penekanan cepat pada huruf vocal. Banyak kata serta frase baru tercipta. Pada era inilah telah ditemuan “print” atau percetakan, sehingga buku-buku yang sebelumnya adalah barang mewah menjadi murah dan mudah didapatkan selain itu telah ditetapkan standarisasi penggunaan bahasa Inggris dari proses pengejaan hingga struktur kalimat (grammar). Tahun 1604 adalah tahun perdana dipublikasikannya kamus bahasa Inggris pertama kalinya.
Ø  Late Modern English 1800-present
Perbedaan yang mencolok antara bahasa Inggris di masa ini dengan masa sebelumnya adalah kosa kata. Bahas Inggris saat ini memiliki kekayaan pada kata-kata karena adanya revolusi industry dan teknologi serta kekuasaan dari kerajaan Britania yang mencakup sebahagian dari muka bumi ini. Saat ini, bahasa Inggris telah mengadopsi kata-kata dari berbagai Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar